PROPOSAL PROGRAM ACARA TELEVISI “MUSIK AMPUH”



PROPOSAL PROGRAM ACARA TELEVISI
“MUSIK AMPUH”





Proposal ini disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Riset Khalayak
Dosen : Markus Utomo Sukendar, M.I.Kom

Disusun Oleh:
1.      Aulia Nissaa’ Syarifah            C13015           Komunikasi Massa V
2.      Yulianto Wan Nugroho          C13038           Komunikasi Massa V




POLITEKNIK IND¥NUSA SURAKARTA
2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang
Televisi saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Ditengah kemajuan teknologi seperti ini, televisi mash menjadi minta banyak masyarakat untuk mendapatkan informasi maupun sekedar melepas penat setelah lelah beraktivitas. Selain itu dapat dikatakan juga televisi adalah teman paling setia dan selalu menemani kita setiap saat kapanpun kita inginkan.
       Dijaman yang serba canggih ini televisi masih menjadi favorit berbagai kalangan, oleh karenanya seperti kita lihat saat ini banyak televisis swasta yang bermunculan untuk menghibur, memberikan informasi bahkan menjadi cermin pelaku pemirsanya.
       Jika dilihat setiap harinya, masyarakat Indonesia selalu disuguhkan oleh berbagai macam program acara dari stasiun-stasuin televisi yang ada. Menurut penelitian sebelumnya, saat ini banyak stasiun televisi swasta berlomba-lomba untuk mencari konsep dan packging yang diharapkan bisa mendongkrak rating dengan cara membuat program-program yang menarik perhatian khalayak. Sehingga nantinya akan memberikan hiburan, informasi yang akurat dan bisa dipercaya kredibilitasnya oleh audience.
       Acara televisi di Indonesia cukup beragam, acara berita, acara musik, animasi Indonesia, animasi luar negeri, film, variety show, reality show, sinetron, acara kuis, acara masak, acara pengetahuan anak, serta komedi.
       Musik sudah merupakan salah satu alternative hiburan paling ekonomis dan mudah didapatkan oleh masyarakat. Kehadiran acara musik di televisi juga menjadi salah satu bagian paling memanfaatkan fungsi stasiun televisi sebagai sumber hiburan. Namun tak sekedar hiburan, tayangan musik tersebut juga harus  mampu memberikan referensi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi penontonna. Selain itu, acara musik di televisi juga penting karena mampu menjadi promotor dan motivator musisi-musisi untuk tetap berkarya dan tetap kreatif sehingga suatu saat nanti mampu menyuarakan musik Indonesia di mata dunia.
       Acara musik saat ini seharusnya menjadi acara yang bisa diharapkan bisa menyenangkan untuk ditonton. Dahulu biasanya acara musik hanya ada satu atau dua VJ, lalu sisanya adalah video musik. Namun sekarang ini, acara musik dengan banyak pembawa acara atau MC, sebagian MC berlatar belakang komedian, beberapa penyanyi sebagai bintang tamu, yang akan perform lagunya masing-masing, dengan beberapa penonton yang ikut menari-nari dengan gerakan yang sama untuk setiap lagu.
       Musik Ampuh adalah salah satu program berkonsep chart dengan menampilkan video clip musik lawas. Acara ini berkaca dari salah satu program acara music MTV Ampuh. Di mana acara tersebut lebih sering menampilkan video clip dan chart. Namun acara yang kami buat sangat berbeda dari acara MTV Ampuh tersebut, kami menampilkan video clip dan chart dari musik lawas dan juga memberikan selingan seperti berita-berita seputar band-band jaman dahulu, news update.
       Sesuai dengan konsep acara tersebut diharapkan acara ini bisa menjadi informatif dan edukatif sehingga pesan dan informasi yang disajikan bisa sampai kepada audience dan bisa kembali membangkitkan rasa cinta terhadap musik-musik lawas. Yang rata-rata adalah kalangan anak muda, dewasa orang tua tanpa hatus merubah konsep dasar program ini, yaitu musik ampuh.
       Analisis SWOT meliputi pengaruh factor internal dan eksternal bagi stasiun televisi. Faktor internal terdiri dari dari Strength dan Weakness, sedangkan factor eksternal terdiri dari Opportunities dan Threath. Berikut ini adalah analisis SWOT dari Musik Ampuh.
-            Strength (Kekuatan)
Acara ini ber-genre pop lawas. Minimnya acara musik yang menampilkan music lawas dijaman modern seperti ini akan membuat mereka kembali bernostalgia dengan musik jaman dahulu.

-            Weakness (Kelemahan)
Masyarakat saat ini lebih menyukai acara musik modern yang dikemas dengan lawakan dan presenter yang sudah sangat kondang. Sedangkan  acara ini hanya fokus kepada kehidupan dan musik jaman dahulu.

-            Opportunities (Peluang)
Acara ini merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk dijadikan pemenuh kebutuhan masyarakat akan musik jaman dahulu. Sampai saat ini peluang dari acara ini masih cukup besar karena musik jaman dahulu masih ada yang di recycle.

-            Threath (Ancaman)
Acara ini bukan satu-satunya acara musik televisi yang memliki target audiens anak muda maupun orang tua. Banyak progam acara musik serupa di stasiun televisi yang cukup terkenal dan cukup menarik dimasyarakat.

       Berdasarkan latar belakang diatas maka program acara ini akan membahas tentang bagaimana menumbuhkan kembali minat masyarakat terhadap musik lawas agar menjadi tontonan yang menarik dimata audiencenya.

B.                 Rumusan Masalah
Bagaimana cara menghadirkan program acara televisi untuk kembali menumbuhkan minat masyarakat terhadap musik lawas melalui “Musik Ampuh”.

C.                Pembatasan Masalah
Adapun pembatasan masalah dalam penyajian proposal ini adalah acara ini dibuat dengan menampilkan chart show musik lawas yang paling popular.

D.                Tujuan Masalah
Tujuan penulisan proposal adalah memperkenalkan kembali musik-musik lawas yang saat ini sudah tergeser oleh musik-musik yang lebih menarik. Melalui acara televisi yang akan menghadirkan pembawa acara yang terkenal pada saat itu.

E.                 Manfaat
Agar acara musik di pertelevisian Indonesia kembali menghadirkan musik yang benar-benar musik. Dan remaja saat ini pun tidak hanya menggemari musik jaman sekarang tanpa tau arti dan makna dari lagu yang mereka sukai, tetapi juga meminati musik jaman dahulu.

F.                 Deskripsi Program
1.      Format Program                : Musik
2.      Judul Program                   : Musik Ampuh
3.      Target Audience               : Remaja (13-17tahun),
Dewasa (18-34 tahun),
Orang Tua (35-45tahun)
4.      Status Ekonomi                 : Semua kalangan
5.      Jam Tayang                       : 16.00 – 17.00


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.                Deskripsi Program Acara Musik Ampuh
Musik Ampuh merupakan program acara dalam bentuk hiburan musik lawas. Musik yang menampilkan sebuah chart-chart video clip dari music era 80-an sampai 90-an. Yang bertujuan melestarikan musik-musik lawas melalui program acara musik ampuh, acara ini juga akan di bawakan oleh presenter khusus yang terkenal pada masanya.
       Sasaran audience kami adalah remaja (13-17th), Dewasa (18-30th), Orang tua (35-45th). Musik Ampuh tayang setiap jum’at pukul 16.00-17.00 wib. Acara ini tidak hanya menampilkan video clip dari musik-musik lawas tetapi juga akan memberikan informasi tentang musik-musik lawas dan news update. Di sini juga akan menghadirkan bintang tamu yang akan mengisi acara. Audience juga bisa request lagu dan bisa mem-voting video yang mereka suka melalui email.
       Dan berikut ini adalah rencana program Musik Ampuh yang akan di tayangkan per segmen:

Segmen 1     : Pada segmen ini adalah segmen opening, yang akan menayangkan satu video clip yang berada di salah satu chart. Lalu presenter masuk sebentar untuk membuka acara dan menampilkan video kedua.

Segmen 2     : Pada segmen ini presenter membacakan informasi seputar penyanyi yang terkenal di era 80-90”an. Sambil membacakan chart dari urutan 20-11.

Segmen 3     : Pada segmen ini presenter membacakan request yang telah di kirim melalui email dan memutarkan video yang telah di request oleh penonton.

Segmen 4     : Pada segmen ini presenter akan membacakan news update dan di lanjut dengan membacakan chart dari nomor 10-2.

Segmen 5     : Pada segmen terakhir ini presenter membacakan chart pertama serta menampilkan bintang tamu, berbincang sedikit lalu di akhiri dengan closing.



BAB III
ANALISIS DATA

A.           Metedologi
Metodologi yang dilakukan dalam membuat progam acara televisi ini adalah dengan melakukan pembagian kuisioner yang dilakukan di Sukoharjo.

B.            Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pembagian Kuisioner berisi tentang stasiun Televisi apa yang sering dilihat, acara apa yang ditunggu-tunggu ketika melihat televisi, pendapat tentang program acara tentang “Musik Ampuh”, progam “Musik Ampuh” yang disukai, yang diinginkan dari program acara “Musik Ampuh”, seberapa sering dan jam berapa biasa menonton televisi, durasi acara “Musik Ampuh” serta  prosentase acara “Musik Ampuh” yang diinginkan.

C.           Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Sukoharjo pada hari Kamis, 7 Januari 2016.

D.           Penentuan Sample
Pembagian kuisioner dilakukan di Sukoharjo dengan target 30 orang.

E.            Target Audience
Target audience progam acara  Musik Ampuh ini adalah remaja (13-17th), Dewasa (18-30th), Orang tua (35-45th).

F.            Hasil Kuisioner

Tabel Pengolahan Kuisioner

Tabel 1
Seberapa sering melihat televisi
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Sering
Sering Sekali
Jarang
Tidak Pernah
1.                          Apakah anda
sering melihat televisi?
14
3
10
1
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 1 dengan pernyataan tentang seberapa sering melihat televisi, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 14 orang menjawab “Sering”, 3 orang menjawab “Sering Sekali”, 10 orang menjawab “Jarang”, 1 orang menjawab “Tidak Pernah”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih sering melihat televisi.

Tabel 2
Waktu melihat televisi
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Pagi
Siang
Sore
Malam
2.             Kapan biasannya anda melihat televisi?
3
2
6
17
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 2 dengan pernyataan tentang waktu melihat televisi, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 3 orang menjawab “Pagi”, 2 orang menjawab “Siang”, 6 orang menjawab “Sore”, 17 orang menjawab “Malam”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih sering melihat televisi pada waktu malam hari.

Tabel 3
Seberapa sering melihat teleisi dalam satu minggu
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Setiap Hari
Satu Kali
Dua Kali
Tidak Pernah
3.             Seberapa sering anda melihat televisi dalam seminggu?
21
2
4
1
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 3 dengan pernyataan tentang seberapa sering melihat televisi dalam satu minggu, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 21 orang menjawab “Setiap Hari”, 2 orang mejawab “Satu Kali”, 4 orang menjawab “Dua Kali”, 1 orang menjawab “Tidak Pernah”. Maka dapat di Tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo setiap hari melihat televisi.

Tabel 4
Chanel televisi yang sering di lihat
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
RCTI
SCTV
INDOSIAR
TRANS
4.             Apakah chanel televisi yang sering anda lihat?
6
1
10
11
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 4 dengan pernyataan tentang chanel televisi apa yang sering di lihat, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 6 orang menjawab “RCTI”, 1 orang mejawab “SCTV”, 10 orang menjawab “INDOSIAR”, 11 orang menjawab “TRANS”. Maka dapat di Tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih sering melihat chanel TransTv.
                                                                                             
Tabel 5
Acara televisi apa yang sering di lihat
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Berita
Infotaiment
Sinetron
Musik
5.             Apakah acara televisi yang sering anda lihat?
13
2
6
7
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 5 dengan pernyataan tentang seberapa acara televisi yang sering di lihat, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 13 orang menjawab “Berita”, 2 orang menjawab “Infotaiment”, 10 orang menjawab “Sinetron”, 1 orang menjawab “Musik”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih sering melihat berita.

Tabel 6
Kesukaan terhadap musik
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Suka
Sangat Suka
Tidak Suka
Biasa
6.             Apakah anda menyukai musik?
11
7
2
8
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 6 dengan pernyataan tentang kesukaan terhadap musik, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 11 orang menjawab “Suka”, 7 orang menjawab “Sangat suka”, 2 orang menjawab “Tidak Suka”, 8 orang menjawab “Biasa”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo suka terhadap musik.

Tabel 7
Jenis musik yang di sukai
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Pop
Jazz
Rock
Lain-lain
7.             Jenis Musik apa yang anda suka
3
0
7
18
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 7 dengan pernyataan tentang jenis musik yang di sukai, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 3 orang menjawab “Pop”, 0 orang menjawab “Jazz”, 7 orang menjawab “Rock”, 18 orang menjawab “Lain-lain”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih suka jenis musik lain-lain.

Tabel 8
Hiburan acara musik
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Menyenangkan
Terlalu Lebay
Terlalu Banyak Games
Biasa Saja
8.             Menurut anda bagaimana hiburan aca musik saat ini
3
10
4
11
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 8 dengan pernyataan tentanghiburan acara musik saat ini, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 3 orang menjawab “Menyenangkan”, 10 orang menjawab “Terlalu Lebay”, 4 orang menjawab “Terlalu banyak games”, 11 orang menjawab “Biasa Saja”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih menganggap acara musik saat ini biasa saja.
                                          
Tabel 9
Yang menarik dari acara musik saat ini
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Host
Musik
Bintang Tamu
Format Acara
9.             Apa yang menarik dari acara musik yang sering anda lihat saat ini?
4
13
7
4
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 9 dengan pernyataan yang menarik dari acara musik saat ini, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 4 orang menjawab “Host”, 13 orang menjawab “Musik”, 7 orang menjawab “Bintang Tamu”, 4 orang menjawab “Format Acara”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih menyukai musiknya.

Tabel 10
Musik jaman dahulu
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Suka
Sangat Suka
Tidak Suka
Biasa
10.         Apakah anda menyukai musik jaman dahulu?
14
5
3
6
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 10 dengan pernyataan musik jaman dahulu, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 14 orang menjawab “Suka”, 5 orang menjawab “Sangat Suka”, 3 orang menjawab “Tidak Suka”, 6 orang menjawab “Biasa”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo suka terhadap musik jaman dahulu.

Tabel 11
Menampilkan musik lawas
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Setuju
Sangat Setuju
Tidak Setuju
Biasa
11.         Apakah anda setuju kalau ada acara music yang menampilkan musik lawas?
15
7
2
4
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 11 dengan pernyataan menampilkan musik lawas, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 15 orang menjawab “Setuju”, 7 orang menjawab “Sangat Setuju”, 2 orang menjawab “Tidak Setuju”, 4 orang menjawab “Biasa”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo setuju bila ada acara musik yang menampilkan musik lawas.

Label 12
Konsep acara music ampuh
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Full Musik
Ada Games
Ada News Update
Ada Komedi
12.              Menurut anda bagaimana konsep untuk acara musik ampuh?
12
1
5
10
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 12 dengan pernyataan konsep acara musik ampuh, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 12 orang menjawab “Full Musik”, 1 orang menjawab “Ada Games”, 5 orang menjawab “Ada News Update”, 10 orang menjawab “Ada Komedi”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo menginginkan full musik di acara musik ampuh.

Tabel 13
Host
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Lai-laki
Perempuan
13.         Anda lebih menyukai host?
8
20
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 13 dengan pernyataan tentang host, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 8 orang menjawab “Laki-laki”, 20 orang menjawab “Perempuan”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo menyukai host perempuan.

Tabel 14
Tipe host yang di sukai
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Humoris
Tampan
Blak-blakan
Serius
14.         Bagaimana tipe host yang anda sukai?
16
1
7
4
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 14 dengan pernyataan tentang tipe host yang disukai, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 16 orang menjawab “Humoris”, 1 orang menjawab “Tampan”, 7 orang menjawab “Blak-blakan”, 4 orang menjawab “Serius”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih suka host yang humoris.

Tabel 15
Waktu penayangan musik ampuh
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
Senin-Jum’at
Sabtu-Minggu
Setiap Hari
Seminggu Sekali
15.         Menurut anda kapan waktu yang tepat untuk acara music ampuh?
3
5
12
8
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 15 dengan pernyataan tentang waktu penayangan musik ampuh, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 3 orang menjawab “Senin-Jum’at”, 5 orang menjawab “Sabtu-Minggu”, 12 orang menjawab “Setiap Hari”, 8 orang menjawab “Seminggu Sekali”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo menyarankan acara musik ampuh tayang setiap hari.

Tabel 16
Durasi Penayangan
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
30 Menit
1 Jam
2Jam
>2 Jam
16.         Menurut anda berapakah durasi untuk acara music ampuh?
4
14
7
3
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 16 dengan pernyataan tentang durasi penayangan, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 4 orang menjawab “30 Menit”, 14 orang menjawab “1 Jam”, 7 orang menjawab “2 Jam”, 3 orang menjawab “>2 Jam”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo menginginkan acara musik ampuh dengan durasi 1 jam .

Tabel 17
Waktu berlangsunya acara musik ampuh
Pertanyaan
Jawaban
Jumlah Responden
14.00-15.00 wib
15.00-16.00 wib
16.00-17.00 wib
>17.00 wib
17.         Menurut anda pukul berapa acara music ampuh tayang?
3
4
6
15
28
Sumber: Hasil Pengolahan Kuisioner.
Berdasarkan tabel 17 dengan pernyataan tentang waktu berlangsungnya acara music ampuh, masyarakat sekitar Sukoharjo yang sudah kita ambil sampelnya sebanyak 28 orang, 3 orang menjawab “Pukul 14.00-15.00 wib”, 4 orang menjawab “Pukul 15.00-16.00 wib”, 6 orang menjawab “Pukul 16.00-17.00 wib”, 15 orang menjawab “>17.00 wib”. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Sukoharjo lebih suka host yang humoris.


Kuisioner Riset Khalayak
Program Acara Musik Ampuh



Nama              :
Alamat            :
Usia                 :
Pendidikan     :


1.                Apakah anda msering melihat televisi…
a.       Sering
b.      Sering sekali
c.       Jarang
d.      Tidak pernah


2.                Kapan biasanya anda melihat televisi...
a.       Pagi
b.      Siang
c.       Sore
d.      Malam


3.               Seberapa sering anda melihat televisi dalam seminggu…
a.       Setiap hari
b.      Satu kali
c.       Dua kali
d.      Tidak pernah


4.               Apakah chanel televisi yang sering anda liat…
a.       RCTI
b.      SCTV
c.       INDOSIAR
d.      TRANS

5.               Apakah acara televisi yang sering anda lihat…
a.       Berita
b.      Infotaiment
c.       Sinetron
d.      Musik


6.                Apakah anda menyukai musik…
a.       Suka
b.      Sangat suka
c.       Tidak suka
d.      Biasa


7.               Jenis musik apa anda sukai…
a.       Pop
b.      Jazz
c.       Rock
d.      Lain-lain


8.                Menurut anda bagaimana hiburan acara musik saat ini…
a.       Menyenangkan
b.      Terlalu lebay
c.       Terlalu banyak games
d.      Biasa saja


9.                Apa yang menarik dari acara musik yang sering anda lihat saat ini…
a.       Host
b.      Music
c.       Bintang tamu
d.      Format acara

10.            Apakah anda menyukai musik jaman dahulu…
a.       Suka
b.      Sangat suka
c.       Tidak suka
d.      Biasa


11.            Apakah anda setuju kalau ada acara musik yang menampilkan musik lawas…
a.       Setuju
b.      Sangat setuju
c.       Tidak setuju
d.      Biasa


12.            Menurut anda bagaimana konsep untuk acara musik ampuh…
a.       Full musik
b.      Ada games
c.       Ada news update
d.      Ada komedi


13.            Anda lebih menyukai host…
a.       Laki-laki
b.      Perempuan

14.            Bagaimana tipe host yang anda sukai…
a.       Humoris
b.      Tampan
c.       Blak-blakan
d.      Serius


15.            Menurut anda kapan waktu yang tepat untuk acara musik ampuh…
a.       Senin-Jum’at
b.      Sabtu-Minggu
c.       Setiap hari
d.      Seminggu sekali


16.            Menurut anda berapakah durasi untuk acara Musik Ampuh…
a.       30 menit
b.      1 jam
c.       2 jam
d.      > 2 jam


17.            Menurut anda pukul berapa acara Musik Ampuh tayang…
a.       14.00-15.00 wib
b.      15.00-16.00 wib
c.       16.00-17.00 wib
d.      >17.00wib